Bervisual-kei Ria ala J-Rock Idol Favorit Kamu!


DASAR ber’visual kei ria adalah mengambil ciri musikal band J-Rock kesayangan kita, sebagai panduan dalam berpenampilan. Kita kudu rajin ngulik lagu-lagu mereka dan liat video rekaman konsernya jugak. Biar kita jadi tauk apa sebenarnya yang mahu dicapai sebuah band lewat musik yang mereka mainkan.

Band-band visual kei akan tampil sedemikian fashionable di atas panggung. Mereka biasanya mengenakan busana yang up to date. So sering-seringlah nonton rekaman konsernya. Biar kita lebih ngerti style mereka kea apa.

Cuma nih, rupa-rupanya mantengin rekaman konser aja belum cukup buat kita jadiin referensi. Tauk sendiri kostum yang dipakek band-band visual-kei seringkali tampil habis-habisan. So kita butuh banget yang namanya hunting kostum visual kei or cosplay di butik-butik tertentu gitu. Di samping kita perlu juga berburu semua hal berbau visual kei lewat majalah-majalah, internet, buat kita jadi lebih kenal jenis-jenis kostum visual kei.

Finally, kelar nentuin jenis kostum yang asik, sisa cari kostumnya. Untuk beberapa dandanan, bisa dicari di butik-butik. Tapi kalok ternyata emang dirasa mahal, toh kita bisa cari di tempat-tempat baju second. Nah Kalok ada model yang susah didapat, pilihan terakhirnya adalah bikin kostum sendiri di tailor alias tukang jahit, bry!

Perlu dicatat, Kalok memang harus cara ini yang kamu pilih, kita harus benar-benar memilih bahan yang cocok dengan karakter kostum yang kita tiru itu ya! Kumpulkan bahan yang diperlukan, sekalian bawa gambar desain kostum kamu ke tailor’nya, biar enggak salah bikin, ya? He he.

Then soal make up, kita butuh yang namanya make over atau make up tebal! Maksudnya buat nutupin jati diri kita yang sebenarnya biar keliatannya misterius gitu. Dan yang terpenting, berhubung kostum visual-kei rada-rada enggak wajar, so kita harus punya the power of Pede Tingkat Dewa, bry!

Nah, berikut jenis-jenis visual-kei, cekidot!
Angura Kei; dandanan ini terlahir dari reaksi kedua aliran. Aliran klasik dan aliran barat yang mempengaruhi budaya Jepang. Temanya lebih gelap dan imej tradisional Jepangnya masih lebih terasa.

Eroguro Kei; kependekan dari erotic and grotesque. Diambil dari jiwa budaya Jepang di tahun 1930's. Dandanannya terlihat shocking horor dan dark.

Oshare Kei; dandanannya lebih ceria, colorfull dengan paduan fashion yang kiyut. Biasanya mengikuti jenis musik happy punk.

Lolita; imej anak-anak yang innocent. Ekspresi yang diambil dari "boneka gadis kecil dengan pakaian anak bangsawan Eropa". Untuk dandanan ini, wajah dibuat mirip boneka dan baju yang digunakan jugak menyerupai boneka.

Gothic Lolita; dandanan lolita yang dibuat gelap dan berkesan horor. ***