Sundapura, Ibukota Pertama di Nusantara

SUNDAPURA adalah nama sebuah kota pada zaman Kerajaan Tarumanagara. Kota ini adalah ibukota Kerajaan Tarumanagara pada waktu itu. Posisi pasti kota ini sampai sekarang masih jadi perdebatan di antara peneliti dan sejarawan.

Ada yang menduga posisi Kota Sundapura adalah di Kab. Bogor saat ini, ada juga yang memperkirakan posisinya berada di Kab. Bekasi, bahkan di sepanjang aliran Sungai Citarum di daerah Karawang, Jawa Barat.

Nama Sundapura pertama kali diperkenalkan Maharaja Purnawarman pada tahun 397 Masehi untuk menyebut ibukota kerajaan yang didirikannya, Tarumanagara. Kota ini juga yang menginspirasi Tarusbawa, penguasa Tarumanagara yang ke-13, karena pengaruh kerajaan Tarumanagara pada waktu semakin menurun, pada tahun 670 Masehi, Tarusbawa kemudian mengganti nama Tarumanagara menjadi Kerajaan Sunda.

Kota Sundapura merupakan ibukota kerajaan pertama yang ada di Indonesia. Dan jika benar posisinya sekarang terletak di daerah Jabodetabek, maka tidak heran jika para pendahulu kita menjadikan Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia. Karena memiliki akar historis yang cukup kuat.

Seiring dengan ditemukannya kompleks percandian di Batujaya dan Cibuaya, Kab. Karawang sekitar tahun 1984, semakin mempertegas keberadaan Kerajaan Tarumanagara dan Kota Sundapura. Sebagian peninggalan kerajaan Tarumanagara selama ini hanya berupa prasasti seperti batu tulis di Bogor dan Prasasti Ciareuteun. ***