Sejarah Cosplay

COSPLAY atau dibaca kosupure dalam ejaan Jepang adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata costume (=kostum) dan play (=bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, manhwa, dongeng, video game, atau musisi idola. Pelaku cosplay disebut cosplayer.

Peserta cosplay bisa dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar (dōjin circle), seperti Comic Market di Jepang, atau di konser grup musik yang bergenre visual kei. Cosplayer kini sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, yaitu Amerika, Cina, Indonesia, Filipina, bahkan Eropa.

Majalah anime di Jepang memuat berita tentang acara cosplay di pameran dan penjualan terbitan dōjinshi. Liputan besar-besaran pertama kali dilakukan majalah Fanroad edisi perdana bulan Agustus 1980. Edisi tersebut memuat berita khusus tentang munculnya kelompok anak muda yang disebut "Tominoko-zoku" ber-cosplay di kawasan harajuku dengan mengenakan kostum baju bergerak Gundam. Walaupun sebenarnya artikel tentang Tominoko-zoku hanya dimaksudkan untuk mencari sensasi, artikel tersebut berhasil menjadikan ‘cosplay’ sebagai istilah umum di kalangan penggemar anime.

Cosplay kemudian bermacam-macam jenisnya. Dari cosplay anime/manga, cosplay game, cosplay tokusatsu, cosplay gothic, cosplay original, dan cosplay harajuku.

Awalnya cosplay tidak begitu dikenal di Indonesia. Pada awal 2000-an, beberapa even seperti Gelar Jepang UI mengadakan even cosplay. Tetapi saat itu belum ada yang berminat, cosplay pertama saat itu hanyalah EO dari acara tersebut.

Beranjak dari Event Jepang, beberapa pemuda-pemudi di Bandung memperkenalkan gaya harajuku dan hadirnya cosplayer pertama yang bukan merupakan EO saat itu. Berlanjut hingga sekarang, hampir tiap bulannya selalu ada even cosplay di Jakarta, dan di kota-kota besar di Indonesia.

Beberapa even cosplay yang sering hadir di Indonesia—bahkan diselenggarakan rutin setiap tahun—seperti, Gelar Jepang di Universitas Indonesia, Bunkasai, HelloFest, Animonster Event, dan Extravaganza. ***