Manga dan Anime Terpopuler Indonesia

SEPERTI kebanyakan anak-anak di Indonesia, yang sudah menyukai anime dan robot sejak kecil. Maka tak terkecuali saya yang bisa dibilang termasuk freak pada hal-hal berbau Jepang, terutama anime dan manga. Anime favorit saya antara lain, anime yang sangat populer di Indonesia pada masa kanak-kanak saya dulu, antara tahun 1995-99. Seperti Saint Saiya, Dragon Ball Z, dan Detective Conan. Anime lain yang juga pernah populer pada masa itu, antara lain Sailor Moon, Doraemon, Ikkyu San, dan Ninja Hatori.

Tahun 2000-an, mulai diperkenalkan beberapa judul baru, di antara yang terpopuler antara lain, Pokemon, Digimon, Inuyasha, dan Ge Ge No Kitaro. Anime ini memiliki kualitas gambar lebih baik ketimbang yang saya sebutkan sebelumnya, kecuali Detective Conan dan Doraemon yang karena memiliki seri yang panjang, maka seri berikutnya dibuat upgraded. Disusul anime populer One Piece, BLEACH, dan seri Naruto.

Judul-judul lain yang disiarkan di televisi Indonesia pada masa itu, Kobo Chan, Crayon Shinchan, Anpanman, Kinikuman, Dr. Slump, dan Makibao! Bahkan serial robot Gundam, Ultraman, dan Masked Rider.

Anime ataupun manga, memiliki genre yang berbeda-beda dalam hal target pemirsa/pembacanya. Manga Doraemon misalnya, ditujukan bagi anak-anak laki-laki maupun perempuan. Lain dengan seri Dragon Ball dan Saint Saiya, yang cenderung banyak disukai anak-anak laki-laki—manga untuk anak laki-laki, dalam istilah perkomikan di Jepang disebut Shonen. Atau Sailor Moon yang lebih disukai anak perempuan. Adapun seri Detective Conan yang bertemakan detektif, seringkali lebih disukai oleh remaja/dewasa. Karena jalan ceritanya yang dibuat berbelit.

Di Indonesia, majalah yang khusus memuat komik-komik Shonen alias khusus buat anak laki ini, diproduksi oleh Elex Media Komputindo, bernama Shonen Magz. Konten manga dari majalah tersebut adalah beberapa judul seperti School Rumble, Sanzoku Ou, Masked Rider, Detective Conan, BECK, Kagetora, dan Wild Baseballers.

Dalam satu edisi, bisa terdapat lebih dari 5 judul, dengan 1 sampai 3 bab dimuat dari setiap judulnya. Setelah seri dalam 1 judul habis. Maka dimuatkan judul-judul berikutnya.

Beranjak remaja, kita mulai menyukai budaya yang lebih pas dengan umur kita. J-Rock dan visual kei, misalnya. Bahkan merambah cosplay, gyaru, yaoi/yuri, dst.

Berbicara tentang yaoi, yaitu manga yang mengangkat tema tentang romantisme yang melibatkan sesama laki-laki. Atau yuri, romantisme sesama perempuan, termasuk banyak digandrungi remaja kita. Baik yaoi maupun yuri, disukai laki-laki maupun perempuan. Meski sejauh pandangan saya, yaoi lebih banyak disukai laki-laki. Dan yuri, banyak disukai perempuan. Di antara pembaca yaoi/yuri, boleh jadi mereka mengalami penyimpangan seksual, tapi boleh jadi juga tidak seperti itu. Yaoi dan yuri hanya bagian dari budaya baca-tulis (literatur). Adapun manga yang mengangkat tema seksualitas, disebut hentai.

Yaoi
DI antara judul-judul yaoi, yang pernah saya baca, antara lain Starfighter, komik fiksi-ilmiah yang menjadikan romantisme sesama laki-laki sebagai bumbunya. Tokoh utama dalam Starfighter yang tiada lain merupakan couple ini, memiliki nama-nama yang diadaptasi dari kisah dalam Alkitab, Cain dan Abel yang justru dikisahkan bermusuhan dalam bibel. Lainnya, yaoi berjudul Affair.

Di antara banyak judul manga dan anime yang populer dan legendaris bahkan di seluruh dunia, beberapa judul yang paling saya suka, bahkan seiring dengan kemunculan judul-judul baru yang semakin upgraded, saya tetap mencintai BECK dan Gokusen sebagai manga terbaik sepanjang masa. BECK dikarang oleh Harold Sakuishi, bercerita tentang perjalanan sebuah band. Dan Gokusen, manga yang mengangkat romantisme seorang murid bernama Sawada Shin dengan Yankumi alias Kumiko Yamaguchi, gurunya yang memiliki latar belakang keluarga Yakuza.

Lainnya, film berjudul IKIGAMI Sign Notice yang diangkat dari manga berjudul sama. Tokoh Tsubasa Tanabe sangat menghenyakkan jantung saya. Saya cenderung menyukai manga yang ceritanya memberikan kesan etis, secara tema. Dan ketiga judul dari BECK, Gokusen, dan Ikigami memenuhinya dengan apik, dengan alur cerita yang mengalir seperti air, seadanya. Adapun Ikigami lebih menonjolkan tema politik, meskipun terdapat unsur tema musik di dalamnya.

Hana Yori Dango dan City Hunter adalah judul-judul legendaris yang banyak digandrungi. Bahkan One Piece, BLEACH, dan serial Naruto. Tapi selera orang sangat pribadi. ù